Informasi Kesehatan Seputar Penyakit Musim Pancaroba

Memasuki pergantian musim dari kemarau ke musim hujan dengan cuaca yang berubah-ubah, atau biasa disebut musim pancaroba, ada beberapa jenis penyakit umum mudah menghampiri kita. Bukan hanya meningkatkan proteksi diri dengan menjaga daya tahan tubuh, informasi kesehatan penyakit-penyakit di musim pancaroba berikut bisa dijadikan referensi.

Penyakit-Penyakit yang Mudah Menyerang Ketika Cuaca Mudah Berubah

  • Demam Berdarah

Ketika musim kemarau datang dan menuju musim pancaroba, penyakit demam berdarah menjadi satu penyakit yang sangat populer. Nyamuk penyebab demam berdarah semakin banyak, serta semakin aktif. Sehingga akan cukup banyak jumlah pasien DBD yang harus menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Untuk itu, disarankan melakukan langkah pencegahan agar nyamuk tidak masuk ke lingkungan sekitar Anda seperti menjaga kebersihan, memastikan area yang terdapat air tertutup dan dibersihkan lebih sering, dan gunakan lotion anti nyamuk bila perlu.

  • Chikungunya

Hampir serupa dengan demam berdarah, penyakit chikungunya disebabkan juga oleh keberadaan dan aktivitas nyamuk. Tidak separah DBD, namun penyakit ini akan berisiko kematian bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah seperti lansia dan anak-anak. Penangan chikungunya biasanya berupa pemberian obat-obatan untuk meringankan gejala.

  • Flu dan Batuk

Berikutnya, penyakit di musim pergantian yang mudah sekali menyerang ialah flu dan batuk. Baik salah satunya, atau keduanya ini dipengaruhi oleh tingkat kebersihan diri dan daya tahan tubuh kita. Informasi kesehatanseputar flu dan batuk penyebabnya berupa virus menular yang secara tidak kita sadari masuk ke tubuh melalui berbagai hal. Seperti udara.

Langkah pencegahan sederhana dengan meningkatkan daya tahan tubuh, menggunakan proteksi tambahan seperti masker ketika di tempat umum, rutin mencuci tangan, serta pastikan istirahat dengan cukup.

  • Infeksi Pernapasan dan Iritasi Tenggorokan

Musim kemarau mendekati pancaroba ini dekat sekali dengan penyakit infeksi penapasan dan iritasi tenggorokan, atau sering disebut dengan gejala ‘panas dalam’. Pencegahan panas dalam bisa dimulai dari memastikan suhu tubuh stabil, konsumsi makanan kaya nutrisi, dan minum air putih lebih banyak.

Informasi kesehatan di atas bisa menjadi dasar dalam langkah tepat mencegah Anda dan orang terdekat terserang penyakit-penyakit tersebut.

sumber : https://sehatkuy.com/

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>